Pengertian BAR

.      Pengertian Bar

  1. Definisi Bar

Secara umum Bar merupakan tempat menjual minuman baik minuman beralkohol maupun non alcohol. Dan pada dasarnya kegiatan usaha di bidang Bar terdiri atas Usaha Pokok dan Usaha Penunjang. Dimana penunjang bar merupakan kegiatan yang terkait erat dengan usaha pokok, seperti kegiatan pelayanan penjualan makanan ringan serta hiburan dan pertunjukan bagi para pengunjung yang datang.

Menurut P.P.No 24 tahun 1979 menyebutkan bahwa Bar adalah setiap usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menghidangkan minuman, baik minuman yang mengandung alcohol maupun tidak, untuk umum ditempat usahanya.

  1. Jenis-Jenis Bar

Bar dapat dibedakan menjadi 2 :

a.       Public Bar atau Front Bar

b.      Service Bar atau Dispense Bar

a.      Public Bar atau Front Bar

Sesuai dengan namanya yaitu Public Bar adalah bar untuk umum dan siapa saja boleh datang ke bar ini. Bar ini bisa dioperasikan didalam maupun diluar hotel, karena bar seperti ini bisa berdiri sendiri dan tidak menjadi bagian dari hotel.

Contoh-contoh Public Bar atau Front Bar:

a.      Cocktail Bar

Adalah bar yang menjual berbagai macam minuman/bervariasi, khususnya minuman-minuman campuran dengan standar pelayanan dan kualitas minuman yang cukup baik. Pada cocktail bar terdapat hiburan-hiburan berupa musik yang ringan, seperti pemain pian/organ,trio gitar dan lain sebagainya.

b.      Night Bar

Adalah bar yang buka hanya pada malam hari. Night club biasanya menyediakan tempat untuk dance floor dan juga pertunjukan-pertunjukan seperti pemain band (live intertainment).

c.       Snack Bar

Adalah bar yang disamping menjual minuman, juga menjual makanan-makanan ringan/snack. Pada umumnya pelayanan mementingkan kecepatan, karena biasanya tamu yang datang tidak mempunyai waktu yang cukup lama/buru-buru.

d.      Pub

Adalah pada mulanya pub berasal dari Inggris, yang merupakan singkatan dari public house. Pub adalah tempat untuk melepaskan lelah setelah orang-orang selesai bekerja sambil menikmati minuman-minuman seperti beer dan makanan-makanan ringan.

e.       Dischotique

Adalah bar yang pada umumnya dibuka pada malam hari sampai larut malam.

Ciri-cirinya adalah :

1.      Terdapat tempat untuk dance floor, di iringi oleh lagu-lagu yang diatur oleh DJ (Disk Jockey).

2.      Dischotique menjual berbagai macam jenis minuman khususnya minuman campuran dan tidak menjual makanan.

f.       Pool Bar

Adalah bar yang berlokasi didalam hotel dekat dengan swimming pool.Pool bar melayani tamu-tamu yang sedang berenang atau sedang rileks diswiming pool dan para tamu dapat menikmati pesanan baik minuman maupun makanan ringan disekitar swimming pool tersebut.

g.      Sunken Bar

Adalah bar yang letaknya menyatu dengan swimming pool disuatu hotel. Sunken bar menjual minuman yang bervariasidan tamu dapat memesan dan menikmati langsung minumannya sambil berenang.

b.      Service Bar atau Dispense Bar

Adalah bar yang tidak diperuntukan bagi semua,tapi hanya bagi tamu yang tinggal dihotel.Fungsi dari hal itu adalah untuk menyediakan minuman yang di pesan oleh para tamu di hotel baik yang ingin menikmati minumannya dihotel atau di kamar.

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s