Manfaat Gula Batu

Manfaat Gula Batu

Manfaat Gula Batu

Khasiat Gula Batu dan fungsi

Manfaat Gula Batu – Ketika kita memakan makanan yang mengandung karbohidrat, maka karbohidrat akan diubah dahulu menjadi gula darah dan selanjutnya pankreas perlu menghasilkan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi, disini kita akan menggunakan Indeks Lelah Pankreas atau tubuh untuk mengukur dampaknya. Sebagai referensi, pankreas dan tubuh akan merasa lelah bila Indeks Lelah bernilai +3 atau lebih besar.

Manfaat Gula Batu

Bagi pankreas dan tubuh, gula batu mempunyai efek yang berbeda dengan gula pasir, Untuk mengkonversi gula batu menjadi gula darah, membutuhkan waktu yang sama yaitu sekitar 3 menit. Untuk mengubah gula darah menjadi energi, juga dibutuhkan waktu sekitar 3 menit.

Indeks Lelah pankreas juga jauh lebih rendah, yaitu +0,0005 Ini berarti lebih rendah 10.000 x dari gula pasir, Pankreas hampir tidak merasa lelah mengkonversi gula batu menjadi energi. Ini berarti gula batu masih merupakan karbohidrat kompleks yang sehat. Dengan demikian, gula batu merupakan makanan yang jauh lebih sehat dari gula pasir. Pankreas yang normal mampu mengkonversi 6 sendok makan gula batu menjadi energi setiap hari atau kira-kira 60 gram.

Indeks Manfaat Gula Batu

Dengan menggunakan metoda Energi maka diperoleh Indeks Manfaat terhadap pankreas dari ketiga jenis gula yaitu Gula Pasir, Gula Batu, Gula Merah. Gula pasir menghasilkan nilai negatif, baik bagi tubuh maupun bagi pankreas, yang berarti merugikan bagi kesehatan. Gula batu dan gula merah memberikan hasil positif bagi tubuh dan pankreas, yang berarti bermanfaat bagi kesehatan.

Gula pasir: Indeks Manfaat terhadap tubuh = -15, terhadap pankreas = -5.
Gula batu: Indeks Manfaat terhadap tubuh = +5, terhadap pankreas = +3.
Gula merah: Indeks Manfaat terhadap tubuh = +5, terhadap pankreas = +3.

Agar pankreas tidak kelelahan dan tetap sehat, sebaiknya kita lebih banyak mengkonsumsi gula merah dan gula batu yang masih merupakan karbohidrat kompleks yang sehat. Dengan mengkonsumsi banyak gula pasir yang merupakan karbohidrat sederhana yang tidak sehat, pankreas akan cepat lelah dan akibatnya akan sakit dan selanjutnya rusak. Selain itu juga akan menyebabkan kegemukan dan diabetes. Selain itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi gula secara berlebihan, sekalipun gula merah maupun gula batu, karena pankreas juga mempunyai batas kemampuan untuk mengkonversi gula menjadi energi.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s