Restoran

Restoran

  1. A.    PENGERTIAN RESTAURANT
    1. Menurut Made Lastra Th. 1934

Menyatakan bahwa yang dimaksud restaurant adalah setiap usaha komersial yang lingkup kegiatannya adalah menyediakan makanan dan minuman yang ditujukan untuk umum.

  1. Menurut Soekresno Th . 2000

Menyatakan bahwa yang dimaksud dengan restaurant adalah suatu usaha yang dikelola komersial yang menyediakan pelayanan jasa makanan dan minuman.

  1. Menurut Diktat Tata Hidangan th.2005

Menyatakan bahwa yang dimaksud dengan restaurant adalah suatu ruangan atau tempat dimana tamu dapat membeli makanan maupun minuman.

Adapun jenis-jenis restaurant antara lain :

a)      Formal Dining Room

Yaitu restaurant yang merupakan high class restaurant. Restaurant ini diciptakan sedemikian eksklusif , sehingga hanya tamu-tamu tertentu yang dapat menikmatinya.

b)      Informal Dining Room

Yaitu restaurant yang sifatnya tidak formal.

c)      Specialty Restaurant

Yaitu restaurant yang menyediakan makanan atau masakan khusus.

  1. B.     PENGERTIAN TATA HIDANGAN
    1. Pengertian Tata Hidang

Tata hidang adalah sebuah bidang atau departemen yang ada di dunia perhotelan. Departemen tata hiding secara umum dapat didefinisikan sebagai yang menangani makan dan minum. Sedangkan secara khusus adalah bagian dari hotel ataupun suatu tempat yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terikat di hotel atau tempat tersebut dengan dikelola secara komersial serta professional.

  1. Bagian – Bagian Tata Hidang

Bagian tata hiding (F&B Department ) dapat dibagi menjadi dua sesuai dengan tugasnya masing-masing , yaitu :

  1. Bagian tata hiding depan (front service) pada umumnya terdiri dari restaurant , bar , banquest , dan room service. Petugas di bagian ini langsung berhubungan dengan para tamu.
  2. Department tata hiding bagian belakang ( Back Service) terdiri dari dapur (kitchen ) , Stewarding , service bar dan kantin karyawan.

Disebut bagian belakang karena tidak berhubungan langsung dengan tamu dan harus melalui perantara pramusaji atau waiter.

  1. C.    PENGERTIAN BAR
    1. Definisi Bar

Menurut buku “pengetahuan Bar” yang disusun oleh Bapak Drs. I Nyoman Gede Astina, M.pd menyatakan bahwa Bar adalah suatu tempat yang dimana kita bias membeli dan menikmati minuman. Baik alcoholic maupun non alcoholic.

  1. Jenis – Jenis Bar
    1. Pub , pada mulanya berasal dari bahasa inggris yang merupakan singkatan dari public house. Para pekerja di Inggris setelah selesai kerja di kantor biasanya mereka datang ke Pub untuk melepaskan lelah sambil menikmati minuman seperti beer dan makanan – makanan ringan.
    2. Dischotique , adalah bar yang pada umumnya dibuka pada malam hari dimana para tamu datang untuk menikmati music keras yang dimainkan oles Disc Jokey (DJ) sambil minum minuman . Bar ini tidak samasekali menjual makanan.
    3. Night Club , bar yang hanya dibuka pada malam hari ini hanya memiliki ukuran yang lebih luas daripada bar yang lain, di dalam night club terdapat lebih dari satu bar, dan menyediakan tempat untuk melantai (dance floor) dan juga mempertunjukkan hiburan seperti band / life entertainment lainnya. Para tamu bias menikmati minuman sampai larut malam.
    4. Snack Bar, adalah bar yang disamping menjual minuman , juga menjual makanan-makanan ringan. Pada umumnya di snack bar mementingkan pelayanan yang cepat karena tamu yang datang adalah tamu yang tidak memiliki banyak waktu dan dalam keadaan terburu-buru.
    5. Pool Bar, adalah bar yang berlokasi didekat kolam renang , para tamu bias menikmati makanan ringan atau minuman sambil berenang.
    6. Cocktail Bar, bar ini menjual minuman yang sangat bervariasai , khususnya minuman-minuman campuran dengan standart minuman yang berkualitas, bar ini biasanya mengadakan hiburan-hiburan ringan seperti piano atau orga, trio guitar, dll.
  1. D.    PENGERTIAN PRAMUSAJI (WAITER /WAITRESS)

Pramusaji adalah karyawan hotel atau restaurant yang mempunyai tugas dan tanggung jawab melayani kebutuhan makanan dan minuman bagi para tamu secara professional, bias dikatakan mereka adalah ujung tombak usaha karena sangat berperan dalam memberikan kepuasan pada para tamu yang secara tidak langsung akan memberikan keuntungan bagi perusahaan / restaurant.

     1. E.   PENGERTIAN  KITCHEN

     Dapur hotel merupakan salah satu bagian hotel yang tugas utamanya adalah mengolah makanan atau memproduksi makanan. Dapur hotel memegang peranan yang tidak kalah penting dengan bagian-bagian lain yang ada di hotel. Dapur hotel dibagi menjadi beberapa sub bagian yang mempunyai fungsi dan tugas sesuai dengan jenis makanan yang harus disiapkan, seperti soup,vegetable,sauce,pastry,pantry dan butcher. Dalam mengolah makanan,seorang karyawan dapur atau juru masak harus mengerti tentang kesehatan dan kebersihan,pengetahuan memasak,standar resep,standar pelayanan penggunaan alat dapur dan hal lain tentang makanan. Dengan produksi makanan yang baik maka tamu akan tetap berlangganan pada hotel itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s