Restoran

PENGERTIAN RUMAH MAKAN/RESTORAN

strawberry stop reataurantMenurut Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No.KN.73/PVVI05/MPPT-85 tentang Peraturan usaha Rumah Makan, dalam pcraturan ini yang dimaksud dengan yangsaha Jasa Pangan adalah : “Suatu usaha yang menyediakan jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial”.

Menurut peraturan Menteri Kesehatan RI No. 304/Menkes/Per/89 tentang persyaratan rumah makan maka yang dimaksud rumah makan adalah satu jenis usaha jasa pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan yang permanen dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan dan penjualan makanan dan minuman bagi umum di tempat usahanya.

Sedangkan Wojowasito dan Poerwodarminto (Marsyangm, 1999:71) mengklasifikasikan restoran atau rumah makan menjadi beberapa tipe, antara lain:

  1. A’la Carte Restaurant :  adalah restoran yang mendapatkan izin penuh untuk menjual makanan lengkap dengan banyak variasi dimana tamu bebas memilih sendiri makanan yang mereka inginkan. Tiap-tiap makanan di dalam restoran ini memiliki harga sendiri-sendiri.
  2. Table D ‘hote Restaurant : adalah suatu restoran yang khusus menjual menutable d’hote, yaitu suatu susunan menu yang lengkap (dari hidangan pernbuka sampai penutup) dan tertcntu, dengan harga yang telah ditentukan pula.
  3. Coffe Shop atau Brasserei : adalah suatu restoran yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat dimana tamu biasanya berhubungan dengan hotel, suatu tempat dimana tamu bias mendapatkan makan pagi. makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang cukupan. Pada umumnya system pelayanannya adalah dengan American service dimana yang diutamakan adalah kecepatannya. Ready on plate service, artinya makanan sudah dtatur dan disiapkan diatas piring. Kadang-kadang penyajiannya dilakukan dengan cara buffet atau prasmanan.
  4. Cafelaria atau Cafe : adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya terbatas dan tidak menjual minuman beralkohol.
  5.  Canteen : adalah restoran yang berhubungan dengan kantor, pabrik, dan sekolah, tempat dimana para pekerja atau pelajar biasa mendapatkan makan siang atau coffe break, yaitu acara minum kopi disertai makanan kecil atau selingan jam kerja, jam belajar ataupun dalam acara rapat-rapat dan seminar.
  6. Continental Restaurant : suatu restoran yang menitik beratkan hidangan continental pilihan dengan pelayanan elaborate atau megah. Suasananya santai, susunannya agak rumit, disediakan bagi tamu yang ingin makan secara santai.
  7. Carvery : adalah suatu restoran yang berhubungn dengan hotel dimana para tamu dapat mengisi sendiri hidangan panggang sebanyak yang mereka inginkan dengan harga hidangan yang sudah ditetapkan.
  8. Dining Room : terdapat dihotel kecil, motel atau inn. merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis dari pada tempat makan biasa. Dining room pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel itu, namun yang terbuka bag! para tamu dari luar.
  9. Discotheque : ialah suatu restoran yang pada prinsipnya berarti juga tempat dansa sambil menikmati alunan musik. Kadang-kadang juga menampilkan live band. Bar adalah salah satu fasilitas utama untuk sebuah discotheque. Hidangan yang tersedia umumnya berupa snack.
  10. Fish and Chip Shop : ialah suatu restoran yang banyak terdapat di Inggris, dimana kita dapat membeli macam-macam kripik (chips) dan ikan goreng, biasanya berupa ikan Cod, dibungkus dalam kertas dan dibawa pergi . jadi rnakanannya tidak dinikmati di tempat itu.
  11. Grill Room (Rotisserie) : adalah suatu restoran yang menyedikan bermacam-macam daging panggang. Pada umumnya antara restoran dengan dapur dibatasi dcngan sekat dinding kaca sehingga para tamu dapat memilih sendiri potongan daging yang dikehendaki dan melihat sendiri bagaimana memasaknya. Grill room kadang-kadang disebut juga sebagai steak house.
  12.  Inn Tavern : Inn tavern ialah suatu restoran dengan harga cukupan yang dikelola oleh perorangan di tepi kota. Suasananya dibuat dekat dan ramah, dengan tamu-tamu. Sedangkan hidangannya lezat-lezat.
  13. Night Club/Super Club : adalah suatu restoran yang pada umumnya mulai dibuka menjelang larut malam, menyediakan makan malam bagi tamu-tamu yang ingin santai. Dekorasinya mewah, pelayanannya megah. Band merupakan kelengkapan yang diperlukan. Para tamu dituntut berpakaian resmi dan rapi sehingga manaikkan gengsi.
  14. Pizzeria: adalah suatu restoran yang kusus menjual pizza. Kadang-kadang juga ada spaghetty atau makanan khas Italia lainnya.
  15. Pan Cake Hoii.se/Creperieadalah restoran yang khusus menjual pun cakedan crepe yang diisi dengan berbagai macam manisan didalamnya.
  16. Pub : pada mulanya merupakan tempat hiburan umum yang mendpat izin menjual minuman bir serta minuman beralkohol lainnya. Para tamu mendapatkan minumannya dari counter (meja panjang yang membatasi dua ruangan). Pengunjung dapat menikmat; sambil duduk atau berdiri. Hidangan yang tersedia berupa snack seperti pies dan sandwich. Sekarang kita bisa mendapatkan banyak hidangan pengganti di pub.
  17. Snack Bar/Cqfe/Milk Baradalah semacam restoran cukupan yartg sifatnya tidak resmi dengan pelayanan cepat dimana para tamu mengumpulkan makanan mereka diatas baki yang diambil dari atas kounter dan kemudian membawanya kemeja makan. Para tamu bebas memilih makanan yang disukainya. Makanan yang disediakan biasanya adalah hamburger, sausages dan sawhvich.
  18. Specialitiy Restaurantadalah restoran yang suasana dan dekorasi seluruhnya disesuaikan dengan tipe khas makanan yang disajikan atau temanya. Restoran semacam ini menyediakan masakan Cina, Jepang, Italia dan sebagainya. Pelayanannya sedikit banyak berdasarkan tatacara negara tempat asal makanan spesial itu.
  19. Terrace Restaurantadalah suatu restoran yang terletak di luar bangunan, namun pada umumnya masih berhubungan dengan hotel maupun restoran induk. Di negara-negara barat pada umumnya restoran tersebut hanya buka pada waktu musim panas saja.
  20. Gourmet Restoranialah suatu restoran yang menyelenggarakan pelayanan makan dan minum untuk orang-orang yang berpengalaman luas dalam bidang rasa makanan dan minuman. Keistimewaan restoran ini ialah makanan dan minumannya yang lezat-lezat, pelayanannya megah dan harganya cukup mahal.
  21. Family Type Restaurantialah suatu restoran sederhana yang menghidangkan makanan dan minuman dengan harga tidak mahal, terutama disediakan untuk tamu-tamu keluarga maupun rombongan.
  22. Main Dining Roomialah suatu restoran atau ruang makan utama yang pada umumnya terdapat di hotel-hotel besar. dimana penyaji makanannya secara resmi, pelan tapi masih terikat oleh suatu peraruran yang ketat. Servisnya biasa menggunakan pelayanan ala Perancis atau Rusia. Tamu-tamu yang hadirpun pada umumnya berpakaian resmi atau formal.

    10 Restoran Terbaik di Dunia

    Sejak 2002, San Pellegrino telah menerbitkan daftar restoran terbaik yang ada didunia. Mereka baru-baru ini mengumumkan restoran terbaik berdasarkan majalah restoran. Ini adalah daftar sepuluh restoran teratas tersebut,beberapa diantaranya adalah langganan juara tiap tahun….Kabar baik buat para pemburu kuliner ter enak…mak nyuuussss pemirsaa,kata pak Bondan.

    1. El Bulli,Spanyol

    El Bulli adalah restoran bintang tiga yang dijalankan oleh koki Ferran Adria di Costa Brava di Catalonia, Spanyol. Restoran kecil di teluk Cala Monjoi, digambarkan sebagai “yang paling imajinatif generator dari Haute masakan di dunia”, dengan banyak kerja keras yang dilakukan oleh para koki. Majalah restoran telah menganugrahi El Bulli sebagai restoran terbaik di dunia sebanyak tiga kali – pada tahun 2002, 2006, dan yang terbaru, pada tahun 2007.2. The Fat Duck,Inggris

    the fat duck restoran,adalah restoran yang pada tahun 2005 mendapat gelar sebagai restoran terbaik didunia oleh majalah restoran, dan menjadi runner up pada tahun 2004, 2006 dan 2007.tidak seperti restoran-restoran kelas atas dunia lainnya yang dapat dijumpai di kota-kota eksklusif,the fat duck hanya dapat dijumpai di sebuah rumah bergaya sederhana disebuah desa di inggris.

    3. Pierre Gagnaire,Prancis

    Pierre Gagnaire adalah koki terkenal di Perancis, dan Kepala Koki dan pemilik dari eponymous Pierre Gagnaire restoran di 6 rue Balzac di Paris.Awal karirnya di St Etienne, dimana dia memenangkan Bintang 3 Michelin, Gagnaire tore di konvensi dari klasik Perancis memasak dengan memperkenalkan menggelegar juxtapositions dari rasa, selera, teks dan sarananya.penaruhya dalam memasak telah dikenal di seluruh dunia. dianggap sebagai salah satu restoran yang terbaik di Prancis, yang bergerak dalam bidang masakan ‘Perancis modern’. Gagnaire juga Kepala Koki sketch di London. Pada tahun 2005, kedua restoran tersebut masuk 20 besar industri dunia oleh majalah Restoran, Pierre Gagnaire adalah restoran peringkat ketiga pada tahun 2006 dan 2007.

    4. The French Laundry,Amerika Serikat
    The French laundry adalah restoran yang terletak di Yountville, California, di Lembah Napa. Para pemilik dan kokinya sdari Prancis bernama Thomas Keller, yang juga terlibat dalam Bouchon dari restoran, di Napa Valley, dan per se, di New York City. alumni the french laundry termasuk Jonathan Benno (dari per se), Hibah Achatz (dari Alinea), Ron Siegel (The Restoran Kamar di Ritz-Carlton), dan banyak lainnya.

    5. Tetsuya’s, Australia.
    Tetsuya’s Restoran dianggap sebagai salah satu restoran terbaik di dunia – Tetsuya Wakuda adalah koki ini diakui secara internasional-restoran di Sydney, Australia, tinggal di bekas bangunan Seagram’s.
    Tetsuya’s garnered telah banyak menerima accolades global termasuk 2004, 2005 dan 2006 menyebutkan masuk dalam Top 50 restoran terbaik oleh majalah restoran. Ia juga diberikan peringkat tertinggi di Sydney Morning Herald Good Food Guide 2007 , Restoran of the Year dan Restoran Fine terbaik di Restoran & Catering Asosiasi Awards 2005. Pada tahun 2007 Tetsuya’s Restoran menduduki tempat kelima pada daftar 50 teratas dunia restoran.

    6. Bras,Prancis
    Bras’ restoran yang masih lebat oleh hutan dan rumput beberapa mil dari daerah yang terkenal Aubrac.Restoran Bras, sejak 1992 tinggal di sebuah thrillingly desain futuristik oleh arsitek Eric Raffy.

    7. Mugaritz,Spanyol
    Chef Andoni Luis Aduriz doesn’t offer the headline-grabbing fireworks of most fashion-forward and playful modern Spanish cuisine, but is nevertheless setting the agenda for the next generation of chefs. A subtle, intellectual and harmonious cuisine – one that divides opinion – is delivered in a pastoral environment (a former cider bar) in the hills outside San Sebastian in the Basque country.

    8. Le Louis XV,Monaco
    vegetarian adalah cara yang pas untuk pengenalan lokal. Masakan seperti Fraises des Bois, Mascarpone Sorbet, daging sapi muda dimasak ‘en cocotte’, kentang oven dan ditumis kental lettuce, atau Risotto dengan Artichokes adalah contoh sempurna masakan Riviera.
    Di ruang makan, dihiasi dalam gaya 17th Century Versailles, sparkles dengan emas dan mirror, dicampur dengan cahaya lampu melalui jendela, ada aquarium yang megah,ruang makan yang lebih kecil di jantung dapur di mana terdapat enam layar video streaming.

    9. Per Se,Amerika serikat
    Pada tahun 2004, Keller kembali ke New York untuk membuka Per Se. Desainer terkenal Adam Tihany membuat sebagian besar pengaturan di mana Anda akan menemukan versi yang terkenal,tungku yang elegan dan lapangan interior, lingkungan perkotaan, dengan pemandangan ke taman yang sangat indah.

    10. Arzak Restoran, spanyol

    Arzak adalah cerita tradisi yang sudah berakar, ambisi jurumasak dan penikmat makan malam meningkatkan reputasi Avant-garde, dengan dapur eksperimental.
    the Arzak benar-benar berbeda,Selain kekayaan dari Perancis dan Spanyol yang menarik koleksi anggur dari Golan Heights dan dari Porto. Mungkin Champagne dan anggur soda, serta sebuah kamar dengan asap cerutu dari Kuba, Meksiko dan Kepulauan Canary

    Cek TKPnya : http://menujuhijau.blogspot.com/2011/12/10-restoran-terbaik-di-dunia.html#ixzz281HYL1pG

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s