Tips & Info

BAGAIMANA MENJADI SEORANG PROFESIONAL WAITER

Menjadi seorang pelayan / waiter di formal restorant, hotel atau di dunia hospitality yang lain, seorang waiter sudah menjadi suatu keharusan untuk membuat tamu senyaman mungkin dan harus tau bagaimana caranya untuk meningkatkan income di mana mereka bekerja, sebenarnya itulah salah-satu tugas pokok dari seorang waiter / pelayan yang professional. Berdasarkan pengalaman dari penulis, di bawah ini ada beberapa tips untuk anda sebagai seorang waiter atau belajar untuk menjadi seorang waiter yang professional. Semoga beberapa tips di bawah akan membantu:

1. Usahakan selalu datang 15 menit sebelum schedule shift / waktu bekerja, jangan pernah dating tepat waktu.
2. Persiapkan peralatan yang akan anda gunakan bekerja, sebagai contoh pena, wine opener, Food and beverage order dan lain sebagainya.
3. Patuhi semua peraturan yang ada di tempat anda bekerja.
4. Singkirkan semua permasalahan yang membuat perasaan anda kurang enak, misalnya permasalahan keluarga atau permasalan di luar pekerjaan.
5. Pahami semua menu atau daftar makanan dan minuman yang ada termasuk isi, cara masak dan penyajiannya.
6. Pastikan anda dalam kondisi standart grooming atau penampilan yang serapi mungkin.
7. Pakailah pakaian yang bersih dan pastikan semuanya nyaman anda pakai.
8. Jagalah kebersihan tubuh, tangan, gigi dan kuku.
9. Gunakan perfume / deodorant tetapi jangan terlalu banyak sehingga tidak akan menggangu para customer / tamu.
10. Selalu sopan kepada tamu terutama bahasa tubuh tapi jangan terlalu berlebihan.
11. Selalu cek / perhatikan makanan dan minuman yang tidak tersedia dan yang tinggal sedikit / limit.
12. Jangan pernah takut, canggung dan panik didepan customer waktu taking order, santai dan percaya diri.
13. Selalu tersesum ramah kepada tamu waktu taking order dan sesuaikan panggilan sapaannya.
14. Pergunakan kata-kata yang sopan dan jelas juga jangan pergunakan kata-kata yang sama jadi tamu tidak bosen.
15. Jangan terlalu mengharap pada tamu untuk menuruti semua suggestion yang anda berikan.
16. Dalam penyajian atau taking order selalu usahakan terlebih dulu pada anak-anak kalau ada, wanita lalu laki-laki.
17. Selalu melakukan pengontrolan ruangan di sekitar customer dan jangan lupa untuk menjaga situasi kondusif.
18. Ulangi semua pesanan dan jangan lupa tanyakan bila ada yang tertinggal dan tanyakan kalau ada yang kurang.
19. Katakanlah / ucapkan “Terima Kasih” setelah taking order.
20. Perhatikan semua tamu regular: Nama nemu favorites dan situasi yang di inginkan.
21. Jalanlah dengan tegap dan cepat tetapi bukan berarti lari atau kelihatan terburu-buru.
22. Gunakan bahasa body yang bagus / perfect untuk memperoleh perhatian customer tetapi jangan terlalu berlebihan dan gunakan kontak mata / tatapan mata dengan tamu yang sopan.
23. Ambil posisi yang sempurna dengan kata lain jangan terlalu jauh atau terlalu dekat sehingga customer merasa nyaman.
24. Tawarkan menu yang special, sebagai contoh sepecial of the day, mingguan dan bulanan kalau ada.
25. Pastikan setiap tamu mendapatkan pesanan mereka dengan benar.
26. Selalu konsentrasi pada customer dan sekitar tamu jadi kalau ada keperluan anda cepat tanggap untuk membantu.
27. Selalu siap membantu customer yang kelihatan bingung, tidak nyaman atau mendapatkan masalah bantulah mereka dengan penuh kebaikan hati.
28. Berhati-hatilah clearup atau angkat piring, gelas atau peralatan yang sudah tidak terpakai lagi.
29. Perhatikan dan anggaplah bahwa customer / tamu yang nomer satu.
30. Bersikaplah baik hati kepada semua kerabat / rekan kerja, sadari bahwa kamu tidak bisa bekerja sendirian.

Sekedar untuk mengingatkan aja sewaktu mang kuliah dulu di perhotelan di Bandung. Karena sekarang ini sepertinya sudah cukup banyak rumah makan , restoran bahkan warung yang dalam pelayanannya dilakukan oleh seorang waiter untuk laki-laki dan waiterss untuk wanita.

Ternyata profesi sebagai seorang waiter ini haruslah kita acungi jempol dan respek terhadapnya. Karena untuk menjadi waiter tidaklah mudah, perlu ketrampilan khusus serta harus juga memiliki wawasan yang cukup terhadap bidang yang di kuasainya.

Mang aja butuh waktu tiga tahun untuk belajar menjadi seoarang waiter di restoran-restoran terkemuka, apalagi ternyata profesi ini dimata masyarakat punya nilai tersendiri yang dipandang sebelah mata.

Memang posisi sebagai waiter di sebuah restoran ataupun di hotel adalah merupakan posisi yang paling rendah dengan standar gaji yang paling kecil yang akan didapatnya.

Tetapi posisi waiter ini adalah yang paling banyak dibutuhkan oleh setiap rumah makan dimanapun berada. Karena seorang waiter adalah merupakan ujung tombak dari pelayanan yang diberikan, sekaligus juga menjadi citra tersendiri bagi tempat dimana dia bekerja.

Menjadi seorang waiter, selain harus memiliki wawasan yang cukup dalam bidang pekerjaannya, juga harus memiliki ketrampilan yang memadai, seperti dalam hal penyajian makanan, penataan meja makan, teknik pelayanan, teknik komunikasi dengan tamu, cara menghendel komplin dari tamu dan masih banyak lagi.

Biasanya pada sebuah acara rekrutment calon pegawai untuk posisi waiter pada sebuah restoran, pihak manajemen telah menetapkan batasan yang dapat diterima menjadi waiter di restorannya.

  1. Memilik postur tubuh yang ideal serta berpenampilan yang baik dan rapih
  2. Mahir dalam berbagai bahasa untuk percakapan, terutama bahasa inggeris, atau bahasa lainnya
  3. Mempunyai pengalaman sebagai waiter dan pernah bekerja diberbagai tempat yang berbeda
  4. Menguasai pengetahuan tentang makanan, teknik penyajian serta dapat menerangkan dengan jelas proses pembuatan makanan dan bahan-bahan yang digunakan
  5. Tidak memiliki catatan kriminal serta memiliki kepribadian yang baik tidak hanya kepada atasan, tamu tapi juga kepada sesama rekan sepekerjaan.

Masih banyak lagi hal-hal yang harus dikuasai oleh seorang waiter bila ingin menjadi waiter yang biak dan profesional.

Diluar negeri profesi sebagai seorang waiter mendapat tempat tersendiri di mata masyarakatnya. Mereka menganggap waiter adalah juga pekerjaan yang profesional dan kita harus menghargai mereka sebagai seorang tenaga ahli yang profesional dalam bidangnya.

Tetapi kalo di Indonesia sendiri, profesi seorang waiter masih belum mendapat tempat yang layak di mata masyarakat. Hal ini karena ada sebagian orang yang menjadi waiter tetapi memanfaatkannya untuk keperluan yang negatif.

Seperti waiter perempuan bisa juga kita ajak untuk berkencan, bahkan dibeberapa tempat hiburan malam istilah waiter tidak ubahnya adalah pekerja seks komersial yang siap melayani tamu-tamunya.

Karena itu wajarlah bila profesi waiter ini dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Apalagi hampir kebanyakan waiter bekerja pada malam hari, sehingga hal ini menimbulkan pandangan yang miring terhadap profesi tersebut.

Tapi itu hanya sebagian kecil saja, toh masih banyak juga para waiter yang bekerja memang dengan cara yang benar dan profesional. Ada juga waiter karena ketekunan dalam bekerja, pada akhirnya dia bisa juga mencapai posisi sebagai seorang supervisor bahkan manajer restoran.

Jadi, bekerja sebagai waiter itu bukanlah sesuatu yang negatif, justru hal ini tergantung dari bagaimana kita menekuni pekerjaan kita dan menjalaninya dengan niat yang baik dan semata-mata untuk mencari rejeki yang allah berikan kepada kita semua.

Kita sebagai masyarakatpun sudah saatnya perlu menghargai profesi seorang waiter, apapun tempat mereka bekerja. Karena untuk menjadi waiter bukanlah hal yang mudah, perlu keahlian khusus serta mahir dalam bidang pekerjaannya.

Kepada para waiter dimanapun berada, tetaplah semangat dalam bekerja, tekuni bidang pekerjaan anda, jangan pernah mengeluh jadilah seorang waiter yang handal dan profesional, suatu saat anda akan mencapai puncak karier anda sebagai seorang restoran manajer yang membawahi beberapa waiter seperti anda.

Itulah sedikit tip yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi anda yang mau menjadi waiter yang professional. Jangan pernah berhenti untuk belajar untuk mendapatkan ilmu mengenai bagaimana cara penyajian atau menjadi seorang waiter yang baik. Semoga ini semua akan bermanfaat bagi anda dan bagi penulis pada khusunya. Amin.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s