10 Makanan Penghilang Stres

10 Makanan Penghilang Stres

Ilustrasi dark chocolate.

Ilustrasi dark chocolate. (sumber: Visualphotos)

Berikut adalah cara menghilangkan stres yang menyenangkan dan menyehatkan

Stres bisa datang kapan saja, dan di mana saja. Apalagi, sebuah studi dari Carneigh Mellon University menyebutkan bahwa stres dapat menurunkan sistem imun tubuh, dan akhirnya menimbulkan penyakit. Akibatnya, aktivitas kita pun jadi terganggu.

Berikut adalah cara menghilangkan stres yang menyenangkan dan menyehatkan. Tidak perlu repot-repot liburan ke Eropa atau malah shopping barang-barang branded, tapi cukup dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut.

1. Ikan

Bukan rahasia umum bila ikan adalah makanan yang baik untuk kesehatan dan kepintaran otak manusia. Selain itu, ternyata ikan juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres. Menurut buku The Anxiety Book dari Jonathan Davidson and Henry Dreher, Omega-3 yang terkandung di dalam ikan tidak hanya membantu perkembangan otak tapi juga menenangkan otak dari hal-hal yang membuat stres. Karenanya, mengonsumsi sushi dan tuna salad bisa jadi menu pilihan makan siang.

2. Teh Hijau

Jika stres menyerang, pilihlah untuk meminum teh hijau dibanding soft drink apalagi minuman yang mengandung alkohol. Banyak sekali kandungan di dalam teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan seperti catechin yang dapat mencegah radikal bebas dan menyehatkan mata.

Ada juga asam amino thenine yang dipercaya dapat menenangkan otak. Dr. Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering Jepang menemukan fakta bahwa kakek nenek yang mengonsumsi 4 gelas teh hijau sehari jarang mengalami depresi, sekalipun mereka hanya tinggal sendirian jauh dari kerabat dan teman.

3. Brokoli

Menyantap sop brokoli sehabis meeting ternyata dapat meredakan stres. Alasannya sederhana, Menurut seorang ahli gizi asal India yang bernama Maithili Kelkar,brokoli adalah sayuran yang banyak mengandung antioksidan sehingga dapat mengurangi stres. Selain itu ,Vitamin B, terutama Folic Acid yang terkandung di dalamnya juga terbukti tidak hanya dapat meredakan stres, tapi juga sindrom panik, gelisah, hingga depresi.

4. Susu

Siapa bilang khasiat susu hanya cocok bagi anak kecil? Meskipun kita sudah dewasa, mengonsumsi susu niscaya bisa mengurangi stres yang hinggap. Hal ini sendiri didasari oleh penelitian Mary Dallman, PhD, profesor fisiologi di University of California, San Fransisco, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kandungan kalsium sangat baik untuk menenangkan hati karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf. Namun, mengingat usia sudah tidak lagi muda, pilihlah susu jenis low-fat agar lemaknya tidak menumpuk di dalam tubuh.

5. Bluberry

Memenuhi pancake Anda dengan topping blueberry adalah langkah yang tepat. Selain baik untuk diet karena rendah kalori, keluarga buah berry ini salah satu stress-soother lho. Menurut data dari Nurses’ Health Study, buah yang banyak tumbuh di Amerika Serikat ini memiliki antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah penuaan otak yang disebabkan oleh stres berat. Namun, jika Anda kesulitan mencari buah ini, menggantinya dengan buah strawberry bisa jadi pilihan.

6. Ice Cream

Ice cream memang stress relieve yang paling manjur, jika kepala panas karena terlalu banyak berpikir, dinginnya ice cream dinilai mampu mendinginkannya. Hal tersebut disetujui oleh para peneliti dari University of Califronia. Susu dan krim yang banyak terkandung dalam ice cream diyakini memiliki banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak kita. Namun, (lagi-lagi) pilihan ice cream berjenis low fat adalah solusi terbaik agar lemak di tubuh tidak bertambah.

7. Kedelai

Tempe, tahu, atau susu kedelai juga bisa menjadi pilihan Anda untuk meredakan stres. Bukan hanya karena harganya yang tidak terlalu mahal dan mengenyangkan, namun menurut Prevention Magazine’s Nutrition Advisor, kadar protein, Vitamin B, kalsium, dan magnesium yang terkandung di dalam kedelai mampu menghilangkan stres dan menyehatkan. Stres hilang, kesehatan Anda pun juga terjaga.

8. Dark Chocolate

Apakah Anda termasuk orang yang tidak suka mengonsumsi cokelat karena takut gemuk? Jika iya, mungkin kini saatnya menghilangkan stereotype tersebut dan cobalah mengonsumsi dark chocolate saat stres datang. Menurut penelitian yang dilakukan ACS’ Journal of Proteome Research, memakan 1 ons dark chocolate sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres Anda. Hal ini karena kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya. Karenanya, jika weekend ini kadar stres Anda meningkat, sepertinya mengonsumsi lelehan dark chocolate dengan buah strawberry bisa jadi solusi.

9. Gandum

Coba gantilah sarapan pagi Anda dengan menu all about whole grain. Hal tersebut disarankan oleh Elisa Zied, penulis buku Nutrition at Your Fingertips, yang menemukan fakta bahwa kandungan vitamin B pada gandum dapat menstimulasi produksi hormon serotonin sehingga bisa menenangkan otak. Makanan satu ini sendiri termasuk dalam kategori low-fat, yang tentunya tidak akan menambah lemak dan gula di tubuh.

10. Almon

Menurut Carolyn Chambers Clark dalam bukunya Holistic Assertiveness Skills for Nurses, almon adalah kacang dengan kandungan yang menyehatkan. Selain memiliki kandungan Vitamin B yang sangat baik sebagai obat stress relieve, almon juga memiliki kandungan zat besi dan Vitamin E yang ampuh melawan stres sekaligus radikal bebas di dalam tubuh.

Siap memenuhi menu makanan Anda dengan bahan makanan di atas, atau Anda punya informasi mengenai jenis-jenis makanan lain yang juga bisa bantu menghilangkan stres?

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s